Rabu, 16 Oktober 2013

Cara Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)




CARA PENYUSUNAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
DRA ELLY SRI MELINDA, M.MPd
LANDASAN
      UU No 20 Tahun 2003
      PP No 19 Tahun 2005
      Permendiknas No 22 Tahun 2006
      Permendiknas No 23 Tahun 2006
      Permendiknas No 24 Tahun 2006
      Permendiknas No 1 tahun 2008

PERENCANAAN PEMBELAJARAN   
Komponen dalam RPP meliputi :
      Identitas mata pelajaran,
      Standar kompetensi (SK), Kompetensi dasar (KD), Indikator pencapaian kompetensi,
      Tujuan pembelajaran,
      Materi ajar,
      Alokasi waktu,
      Metode pembelajaran,
      Kegiatan pembelajaran,
      Sumber belajar
      Penilaian hasil belajar

Mengkaji Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
      Standar kompetensi merupakan kualifikasi kemampuan minimal pesertadidik yang menggambarkan penguasaan pengetahuan, sikap danketerampilan yang diharapkan dicapai pada setiap kelas dan/atausemester pada suatu mata pelajaran.
      Urutan berdasarkan konsep disiplin ilmu
      Tingkat kesulitan
      Keterkaitan antara standar kompetensi dan kompetensi dasar
      Keterkaitan antara SK,KD mata pelajaran lainnya

Merumuskan indikator
      Indikator merupakan penandaan pencapaian kompetensi dasar dengan berupa perubahan pengetahuan , sikap atau nilai serta keterampilan
      Sesuai dengan karakteristik siswa, mata pelajaran, satuan pendidikan, potensi daerah
      Dirumuskan dengan kata kerja operasional
      Digunakan sebagai dasar untuk penilaian.




Tabel l : Kata Kerja Ranah Kognitif
Pengetahuan
Pemahaman
Penerapan
Analisis
Sintesis
Mengutip
Menyebutkan
Menjelaskan
Menggambar
Membilang
Mengidentifikasi
Mendaftar
Menunjukkan
Memberi label
Memberi indeks
Memasangkan
Menamai
Menandai
Membaca
Menyadari
Menghafal
Meniru
Mencatat
Mengulang
Mereproduksi
Meninjau
Memilih
Menyatakan
Mempelajari
Mentabulasi
Memberi kode
Menelusuri
Menulis
Memperkirakan
Menjelaskan
Mengkategorikan
Mencirikan
Merinci
Mengasosiasikan
Membandingkan
Menghitung
Mengkontraskan
Mengubah
Mempertahankan
Menguraikan
Menjalin
Membedakan
Mendiskusikan
Menggali
Mencontohkan
Menerangkan
Mengemukakan
Mempolakan
Memperluas
Menyimpulkan
Meramalkan
Merangkum
Menjabarkan
Menugaskan
Mengurutkan
Menentukan
Menerapkan
Menyesuaikan
Mengkalkulasi
Memodifikasi
Mengklasifikasi
Menghitung
Membangun
Membiasakan
Mencegah
Menentukan
Menggambarkan
Menggunakan
Menilai
Melatih
Menggali
Mengemukakan
Mengadaptasi
Menyelidiki
Mengoperasikan
Mempersoalkan
Mengkonsepkan
Melaksanakan
Meramalkan
Memproduksi
Memproses
Mengaitkan
Menyusun
Mensimulasikan
Memecahkan
Melakukan
Mentabulasi
Memproses
Meramalkan
Menganalisis
Mengaudit
Memecahkan
Menegaskan
Mendeteksi
Mendiagnosis
Menyeleksi
Merinci
Menominasikan
Mendiagramkan
Megkorelasikan
Merasionalkan
Menguji
Mencerahkan
Menjelajah
Membagankan
Menyimpulkan
Menemukan
Menelaah
Memaksimalkan
Memerintahkan
Mengedit
Mengaitkan
Memilih
Mengukur
Melatih
Mentransfer
Mengabstraksi
Mengatur
Menganimasi
Mengumpulkan
Mengkategorikan
Mengkode
Mengombinasikan
Menyusun
Mengarang
Membangun
Menanggulangi
Menghubungkan
Menciptakan
Mengkreasikan
Mengoreksi
Merancang
Merencanakan
Mendikte
Meningkatkan
Memperjelas
Memfasilitasi
Membentuk
Merumuskan
Menggeneralisasi
Menggabungkan
Memadukan
Membatas
Mereparasi
Menampilkan
Menyiapkan
Memproduksi
Merangkum
Merekonstruksi





Tabel 2. Kata Kerja Ranah Afektif
Menerima
Menanggapi
Menilai
Mengelola
Menghayati
Memilih
Mempertanyakan
Mengikuti
Memberi
Menganut
Mematuhi
Meminati
Menjawab
Membantu
Mengajukan
Mengompromikan
Menyenangi
Menyambut
Mendukung
Menyetujui
Menampilkan
Melaporkan
Memilih
Mengatakan
Memilah
Menolak
Mengasumsikan
Meyakini
Melengkapi
Meyakinkan
Memperjelas
Memprakarsai
Mengimani
Mengundang
Menggabungkan
Mengusulkan
Menekankan
Menyumbang
Menganut
Mengubah
Menata
Mengklasifikasikan
Mengombinasikan
Mempertahankan
Membangun
Membentuk pendapat
Memadukan
Mengelola
Menegosiasi
Merembuk
Mengubah perilaku
Berakhlak mulia
Mempengaruhi
Mendengarkan
Mengkualifikasi
Melayani
Menunjukkan
Membuktikan
Memecahkan

Tabel 3. Kata Kerja Ranah Psikomotorik
Menirukan
Memanipulasi
Pengalamiahan
Artikulasi
Mengaktifkan
Menyesuaikan
Menggabungkan
Melamar
Mengatur
Mengumpulkan
Menimbang
Memperkecil
Membangun
Mengubah
Membersihkan
Memposisikan
Mengonstruksi
Mengoreksi
Mendemonstrasikan
Merancang
Memilah
Melatih
Memperbaiki
Mengidentifikasikan
Mengisi
Menempatkan
Membuat
Memanipulasi
Mereparasi
Mencampur
Mengalihkan
Menggantikan
Memutar
Mengirim
Memindahkan
Mendorong
Menarik
Memproduksi
Mencampur
Mengoperasikan
Mengemas
Membungkus
Mengalihkan
Mempertajam
Membentuk
Memadankan
Menggunakan
Memulai
Menyetir
Menjeniskan
Menempel
Menseketsa
Melonggarkan
Menimbang






Menganalisis Karakteristik Mata Pelajaran, Peserta Didik, dan Sekolah
Kelompok Mata Pelajaran
Mata Pelajaran
Aspek yang Dinilai
Agama dan Akhlak Mulia
Pendidikan Agama
Afektif dan Kognitif
Kewarganegaraan dan Kepribadian
Pendidikan Kewarganegaraan
Afektif dan Kognitif
Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Penjas Orkes
Psikomotorik, Afektif, dan Kognitif
Estetika
Seni Budaya
Afektif dan Psikomotorik
Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
Matematika, IPA, IPS
Bahasa, dan TIK.
Afektif, Kognitif,  dan/atau Psikomotorik sesuai karakter mata pelajaran

Perumusan Tujuan Pembelajaran
      Tujuan pembelajaran menggambarkan proses dan hasil belajar yang diharapkan dicapai oleh peserta didik sesuai dengan kompetensi dasar.
      Harus sesuai dengan SK , KD
      Mengandung  perilaku dalam hasil belajar baik perilaku kognitif, afektif dan psikomotorik

Materi ajar
      Materi ajar memuat fakta,
      konsep, prinsip, dan prosedur yang relevan,
      ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator pencapaian kompetensi.
      Sesuai dengan tujuan dan karakteristik peserta didik
      Materi harus runtut, dan sesuai dengan alokasi waktu

Alokasi waktu
      Alokasi waktu ditentukan sesuai dengan keperluan untuk pencapaian KD dan beban belajar
      Dituangkan secara rinci dalam kegiatan pembelajaran

Metode pembelajaran
      Metode pembelajaran digunakan oleh guru untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik mencapai kompetensi dasar atau seperangkat indikator yang telah ditetapkan.
      Pemilihan metode pembelajaran disesuaikan dengan situasi dan kondisi peserta didik, serta karakteristik dari setiap indikator dan kompetensi yang hendak dicapai pada setiap mata pelajaran.

Kegiatan Pembelajaran 
a. Pendahuluan
      Pendahuluan merupakan kegiatan awal dalam suatu pertemuan pembelajaran yang ditujukan untuk membangkitkan motivasi dan memfokuskan perhatian peserta didik terlibat aktif dalam proses
      Mengaitkan bahan sebelumnya dengan yang akan disampaikan
      Menyampaikan tujuan pembelajaran
b. Inti
      Kegiatan inti merupakan proses pembelajaran untuk mencapai KD.
      Kegiatan pembelajaran dilakukan secara interaktif, inspiratif,menyenangkan, menantang,
      memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif,
      memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik.
      Kegiatan ini dilakukan secara sistematis dan sistemik melalui proses eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi.
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
a) melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip menjadikan alam sekitar sebagai sumber belajar;
b) menggunakan pendekatan pembelajaran multisensori, media komunikasi, dan sumber belajar lain;
c) memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
d) melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran;
e) memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan eksplorasi di ruang praktek keterampilan, kesenian, dan lapangan
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
a) membiasakan peserta didik membaca dan menulis awas / diperbesar, Braille, dan kegiatan berhitung yang beragammelalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
b) memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
c) memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis,memecahkan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
d) memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatifdan kolaboratif;
e) memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehatuntuk meningkatkan prestasi belajar
f) memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan secara lisan dan atau tertulis baik secara individual maupun kelompok;
g) memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja baik individual maupun kelompok;
h) memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, lomba,pagelaran, festival, dan produk yang dihasilkan;
i) memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yangmenumbuhkan kebanggaan, rasa percaya diri, dankemandirian peserta didik.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
a) memberikan umpan balik dan penguatan yang positif  terhadap keberhasilan peserta didik;
b) memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber;
c) memberikan kesempatan pada peserta didik melakukan refleksi terhadap pengalaman belajar yang telah dilakukan;
d) memberikan pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
(1) berfungsi sebagai nara sumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
(2) membantu menyelesaikan masalah;
(3) memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
(4) memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
(5) memberi motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif;
(6) mengkaitkannya dengan kegiatan hidup dan kegiatan sehari - hari
c. Penutup
      Penutup merupakan kegiatan yang dilakukan untuk mengakhiri aktivitas pembelajaran yang dapat dilakukan dalam bentuk
1) bersama-sama dengan peserta didik dan atau sendiri membuatrangkuman/simpulan pelajaran;
2) melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudahdilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
3) memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
4) merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remidi, program pengayaan, layanan konseling, pencatatan dan penilaian anekdot dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
5) menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya .

Skenario Pembelajaran
      Dalam skenario pembelajaran harus selalu mengggambarkan materi, pendekatan metoda, keterampilan dalam melakukan pengelolaan kelas ( pengelompokkan, teknik bertanya, reinforcement, variasi metoda, dll ) , alokasi waktu , layanan khusus , kejelasan tahapan kegiatan .
      Apabila menggunakan pendekatan tematik maka tema harus tergambar

PENGERTIAN MEDIA        By Design dan  By Utilization
      By design  :   Media pembelajaran yang sengaja dirancang khusus  untuk tujuan pembelajaran. Misal : buku pelajaran, modul, program audio, program video, transparansi OHP, Media Presentasi
      By utilization  : Media pembelajaran yang bukan dirancang untuk tujuan pembelajaran, namun sudah tersedia dan dapat dimanfaatkan untuk keperluan pembelajaran. Misal : sawah, pasar, surat kabar, siaran televisi, pabrik, terminal dll.

Penilaian hasil belajar
      Prosedur dan instrumen penilaian proses dan hasil belajardisesuaikan dengan indikator pencapaian kompetensi dan mengacu kepada Standar Penilaian
      Teknik, Bentuk , Instrumen, Kunci Jawaban dan Kriteria Penilaian
Sumber belajar
      Penentuan sumber belajar didasarkan pada standar kompetensidan kompetensi dasar serta materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran dan indikator pencapaian kompetensi
      Sesuai dengan materi, tujuan dan karakteristik peserta didik
      By design , by utilisized
      Materi ini saya dapatkan ketika mengikuti kegiatan “BIMTEK PENGEMBANGAN KURIKULUM PLB PADA JENJANG PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH TAHUN 2013”
      Bersama  Tim Pengawas PLB Provinsi Jawa Barat 2013


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan tinggalkan jejak.
Akan saya respon secepatnya.
Terima kasih sudah berkunjung.

Bersatu Memandirikan Anak Luar Biasa

  Sebelum adanya pandemi COVID-19, setiap hari Selasa, mulai pukul 11.00 WIB hingga selesai, peserta didik SLB B Sukapura kelas tinggi, sebu...