CARA PENYUSUNAN
RENCANA
PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
DRA ELLY
SRI MELINDA,
M.MPd
LANDASAN
•
UU
No 20 Tahun 2003
•
PP
No 19 Tahun 2005
•
Permendiknas
No 22 Tahun 2006
•
Permendiknas
No 23 Tahun 2006
•
Permendiknas
No 24 Tahun 2006
•
Permendiknas
No 1 tahun 2008
PERENCANAAN
PEMBELAJARAN
Komponen dalam
RPP meliputi :
•
Identitas
mata pelajaran,
•
Standar
kompetensi (SK), Kompetensi dasar (KD), Indikator pencapaian kompetensi,
•
Tujuan
pembelajaran,
•
Materi
ajar,
•
Alokasi
waktu,
•
Metode
pembelajaran,
•
Kegiatan
pembelajaran,
•
Sumber
belajar
•
Penilaian
hasil belajar
Mengkaji Standar
Kompetensi dan Kompetensi Dasar
•
Standar
kompetensi merupakan kualifikasi kemampuan minimal pesertadidik yang
menggambarkan penguasaan pengetahuan, sikap danketerampilan yang diharapkan
dicapai pada setiap kelas dan/atausemester pada suatu mata pelajaran.
•
Urutan
berdasarkan konsep disiplin ilmu
•
Tingkat
kesulitan
•
Keterkaitan
antara standar kompetensi dan kompetensi dasar
•
Keterkaitan
antara SK,KD mata pelajaran lainnya
Merumuskan indikator
•
Indikator
merupakan penandaan pencapaian kompetensi dasar dengan berupa perubahan
pengetahuan , sikap atau nilai serta keterampilan
•
Sesuai
dengan karakteristik siswa, mata pelajaran, satuan pendidikan, potensi daerah
•
Dirumuskan
dengan kata kerja operasional
•
Digunakan
sebagai dasar untuk penilaian.
Tabel l : Kata Kerja Ranah
Kognitif
Pengetahuan
|
Pemahaman
|
Penerapan
|
Analisis
|
Sintesis
|
Mengutip
Menyebutkan
Menjelaskan
Menggambar
Membilang
Mengidentifikasi
Mendaftar
Menunjukkan
Memberi
label
Memberi
indeks
Memasangkan
Menamai
Menandai
Membaca
Menyadari
Menghafal
Meniru
Mencatat
Mengulang
Mereproduksi
Meninjau
Memilih
Menyatakan
Mempelajari
Mentabulasi
Memberi
kode
Menelusuri
Menulis
|
Memperkirakan
Menjelaskan
Mengkategorikan
Mencirikan
Merinci
Mengasosiasikan
Membandingkan
Menghitung
Mengkontraskan
Mengubah
Mempertahankan
Menguraikan
Menjalin
Membedakan
Mendiskusikan
Menggali
Mencontohkan
Menerangkan
Mengemukakan
Mempolakan
Memperluas
Menyimpulkan
Meramalkan
Merangkum
Menjabarkan
|
Menugaskan
Mengurutkan
Menentukan
Menerapkan
Menyesuaikan
Mengkalkulasi
Memodifikasi
Mengklasifikasi
Menghitung
Membangun
Membiasakan
Mencegah
Menentukan
Menggambarkan
Menggunakan
Menilai
Melatih
Menggali
Mengemukakan
Mengadaptasi
Menyelidiki
Mengoperasikan
Mempersoalkan
Mengkonsepkan
Melaksanakan
Meramalkan
Memproduksi
Memproses
Mengaitkan
Menyusun
Mensimulasikan
Memecahkan
Melakukan
Mentabulasi
Memproses
Meramalkan
|
Menganalisis
Mengaudit
Memecahkan
Menegaskan
Mendeteksi
Mendiagnosis
Menyeleksi
Merinci
Menominasikan
Mendiagramkan
Megkorelasikan
Merasionalkan
Menguji
Mencerahkan
Menjelajah
Membagankan
Menyimpulkan
Menemukan
Menelaah
Memaksimalkan
Memerintahkan
Mengedit
Mengaitkan
Memilih
Mengukur
Melatih
Mentransfer
|
Mengabstraksi
Mengatur
Menganimasi
Mengumpulkan
Mengkategorikan
Mengkode
Mengombinasikan
Menyusun
Mengarang
Membangun
Menanggulangi
Menghubungkan
Menciptakan
Mengkreasikan
Mengoreksi
Merancang
Merencanakan
Mendikte
Meningkatkan
Memperjelas
Memfasilitasi
Membentuk
Merumuskan
Menggeneralisasi
Menggabungkan
Memadukan
Membatas
Mereparasi
Menampilkan
Menyiapkan
Memproduksi
Merangkum
Merekonstruksi
|
Tabel 2. Kata Kerja Ranah Afektif
Menerima
|
Menanggapi
|
Menilai
|
Mengelola
|
Menghayati
|
Memilih
Mempertanyakan
Mengikuti
Memberi
Menganut
Mematuhi
Meminati
|
Menjawab
Membantu
Mengajukan
Mengompromikan
Menyenangi
Menyambut
Mendukung
Menyetujui
Menampilkan
Melaporkan
Memilih
Mengatakan
Memilah
Menolak
|
Mengasumsikan
Meyakini
Melengkapi
Meyakinkan
Memperjelas
Memprakarsai
Mengimani
Mengundang
Menggabungkan
Mengusulkan
Menekankan
Menyumbang
|
Menganut
Mengubah
Menata
Mengklasifikasikan
Mengombinasikan
Mempertahankan
Membangun
Membentuk
pendapat
Memadukan
Mengelola
Menegosiasi
Merembuk
|
Mengubah
perilaku
Berakhlak
mulia
Mempengaruhi
Mendengarkan
Mengkualifikasi
Melayani
Menunjukkan
Membuktikan
Memecahkan
|
Tabel 3. Kata Kerja Ranah Psikomotorik
Menirukan
|
Memanipulasi
|
Pengalamiahan
|
Artikulasi
|
Mengaktifkan
Menyesuaikan
Menggabungkan
Melamar
Mengatur
Mengumpulkan
Menimbang
Memperkecil
Membangun
Mengubah
Membersihkan
Memposisikan
Mengonstruksi
|
Mengoreksi
Mendemonstrasikan
Merancang
Memilah
Melatih
Memperbaiki
Mengidentifikasikan
Mengisi
Menempatkan
Membuat
Memanipulasi
Mereparasi
Mencampur
|
Mengalihkan
Menggantikan
Memutar
Mengirim
Memindahkan
Mendorong
Menarik
Memproduksi
Mencampur
Mengoperasikan
Mengemas
Membungkus
|
Mengalihkan
Mempertajam
Membentuk
Memadankan
Menggunakan
Memulai
Menyetir
Menjeniskan
Menempel
Menseketsa
Melonggarkan
Menimbang
|
Menganalisis
Karakteristik Mata Pelajaran, Peserta Didik, dan Sekolah
Kelompok Mata Pelajaran
|
Mata Pelajaran
|
Aspek yang Dinilai
|
Agama dan Akhlak Mulia
|
Pendidikan Agama
|
Afektif dan Kognitif
|
Kewarganegaraan dan Kepribadian
|
Pendidikan Kewarganegaraan
|
Afektif dan Kognitif
|
Jasmani Olahraga dan Kesehatan
|
Penjas Orkes
|
Psikomotorik, Afektif, dan Kognitif
|
Estetika
|
Seni Budaya
|
Afektif dan Psikomotorik
|
Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
|
Matematika, IPA, IPS
Bahasa, dan TIK.
|
Afektif, Kognitif, dan/atau Psikomotorik sesuai karakter mata pelajaran
|
Perumusan Tujuan Pembelajaran
•
Tujuan
pembelajaran menggambarkan proses dan hasil belajar yang
diharapkan dicapai oleh
peserta didik sesuai dengan kompetensi dasar.
•
Harus
sesuai dengan SK , KD
•
Mengandung perilaku dalam hasil belajar baik
perilaku kognitif, afektif dan psikomotorik
Materi ajar
•
Materi
ajar memuat fakta,
•
konsep,
prinsip, dan prosedur yang relevan,
•
ditulis
dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator pencapaian kompetensi.
•
Sesuai
dengan tujuan dan karakteristik peserta didik
•
Materi
harus runtut, dan sesuai dengan alokasi waktu
Alokasi waktu
•
Alokasi
waktu ditentukan sesuai dengan keperluan untuk pencapaian KD dan beban belajar
•
Dituangkan
secara rinci dalam kegiatan pembelajaran
Metode pembelajaran
•
Metode
pembelajaran digunakan oleh guru untuk mewujudkan suasana belajar dan proses
pembelajaran agar peserta didik mencapai kompetensi dasar atau seperangkat
indikator yang telah ditetapkan.
•
Pemilihan
metode pembelajaran disesuaikan dengan situasi dan kondisi peserta didik, serta
karakteristik dari setiap indikator dan kompetensi yang hendak dicapai pada
setiap mata pelajaran.
Kegiatan Pembelajaran
a. Pendahuluan
•
Pendahuluan
merupakan kegiatan awal dalam suatu pertemuan pembelajaran yang ditujukan untuk
membangkitkan motivasi dan memfokuskan perhatian peserta didik terlibat aktif
dalam proses
•
Mengaitkan
bahan sebelumnya dengan yang akan disampaikan
•
Menyampaikan
tujuan pembelajaran
b. Inti
•
Kegiatan
inti merupakan proses pembelajaran untuk mencapai KD.
•
Kegiatan
pembelajaran dilakukan secara interaktif, inspiratif,menyenangkan, menantang,
•
memotivasi
peserta didik untuk berpartisipasi aktif,
•
memberikan
ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan
bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik.
•
Kegiatan
ini dilakukan secara sistematis dan sistemik melalui proses eksplorasi,
elaborasi, dan konfirmasi.
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi, guru:
a) melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi
yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip menjadikan alam sekitar sebagai
sumber belajar;
b) menggunakan
pendekatan pembelajaran multisensori, media komunikasi, dan sumber belajar
lain;
c) memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
d) melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran;
e) memfasilitasi
peserta didik melakukan kegiatan eksplorasi di ruang praktek keterampilan,
kesenian, dan lapangan
Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi, guru:
a) membiasakan peserta
didik membaca dan menulis awas / diperbesar, Braille, dan kegiatan berhitung yang
beragammelalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
b) memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
c) memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis,memecahkan masalah, dan bertindak tanpa
rasa takut;
d) memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatifdan kolaboratif;
e) memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehatuntuk meningkatkan prestasi belajar
f) memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan secara lisan dan atau
tertulis baik secara individual maupun kelompok;
g) memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja baik individual maupun kelompok;
h) memfasilitasi
peserta didik melakukan pameran, lomba,pagelaran, festival, dan produk yang
dihasilkan;
i) memfasilitasi
peserta didik melakukan kegiatan yangmenumbuhkan kebanggaan, rasa percaya diri,
dankemandirian peserta didik.
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
a) memberikan
umpan balik dan penguatan yang positif
terhadap keberhasilan peserta didik;
b) memberikan
konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui
berbagai sumber;
c) memberikan kesempatan
pada peserta didik melakukan refleksi terhadap pengalaman belajar yang telah
dilakukan;
d) memberikan
pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
(1) berfungsi
sebagai nara sumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik
yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
(2) membantu
menyelesaikan masalah;
(3) memberi
acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
(4) memberi
informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
(5) memberi
motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif;
(6)
mengkaitkannya dengan kegiatan hidup dan kegiatan sehari - hari
c. Penutup
•
Penutup
merupakan kegiatan yang dilakukan untuk mengakhiri aktivitas pembelajaran yang
dapat dilakukan dalam bentuk
1) bersama-sama
dengan peserta didik dan atau sendiri membuatrangkuman/simpulan pelajaran;
2) melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudahdilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
3) memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
4) merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remidi, program pengayaan,
layanan konseling, pencatatan dan penilaian anekdot dan/atau memberikan tugas
baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta
didik;
5) menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya .
Skenario Pembelajaran
•
Dalam
skenario pembelajaran harus selalu mengggambarkan materi, pendekatan metoda,
keterampilan dalam melakukan pengelolaan kelas ( pengelompokkan, teknik
bertanya, reinforcement, variasi metoda, dll ) , alokasi waktu , layanan khusus
, kejelasan tahapan kegiatan .
•
Apabila
menggunakan pendekatan tematik maka tema harus tergambar
PENGERTIAN
MEDIA By Design dan By Utilization
•
By
design : Media
pembelajaran yang sengaja dirancang khusus
untuk tujuan pembelajaran. Misal : buku pelajaran, modul, program audio,
program video, transparansi OHP, Media Presentasi
•
By
utilization : Media pembelajaran yang bukan dirancang untuk tujuan
pembelajaran, namun sudah tersedia dan dapat dimanfaatkan untuk keperluan
pembelajaran. Misal : sawah, pasar, surat kabar, siaran televisi, pabrik,
terminal dll.
Penilaian hasil belajar
•
Prosedur
dan instrumen penilaian proses dan hasil belajardisesuaikan dengan indikator
pencapaian kompetensi dan mengacu kepada Standar Penilaian
•
Teknik,
Bentuk , Instrumen, Kunci Jawaban dan Kriteria Penilaian
Sumber belajar
•
Penentuan
sumber belajar didasarkan pada standar kompetensidan kompetensi dasar serta
materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran dan indikator pencapaian kompetensi
•
Sesuai
dengan materi, tujuan dan karakteristik peserta didik
•
By
design , by utilisized
• Materi
ini saya dapatkan ketika mengikuti kegiatan “BIMTEK PENGEMBANGAN KURIKULUM PLB
PADA JENJANG PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH TAHUN 2013”
•
Bersama
Tim Pengawas PLB Provinsi Jawa Barat 2013
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Silakan tinggalkan jejak.
Akan saya respon secepatnya.
Terima kasih sudah berkunjung.