Tari Bunga Siswi SLB B Sukapura



https://www.youtube.com/watch?v=UVQbxs2iTek&feature=youtu.be



Mereka memiliki hambatan pendengaran, dalam bahasa lain ada yang menyebutnya tunarungu. Namun, ketika mereka tampil menarikan tarian bunga, menjadi pengisi acara, memeriahkan kegiatan sekolah lain, mereka memang luar biasa keren. Membuat penonton berkaca-kaca dan terkagum-kagum dengan keselarasan dan kepaduan mereka. Padahal, waktu latihan banyak sekali kendala dari siswi-siswi tersebut.
Begitu mereka duduk bersama menyaksikan tayangan ini, saya suka dengan percakapan mereka. Lahir diskusi spontan di antara mereka. Tidak ada yang saling menyalahkan atau menyedutkan seseorang di antara mereka.
Inilah percakapan yang saya tangkap saat mereka berkumpul: "Kalau hiasan kita menari ada yang jatuh, salah kalau kita ambil. Tapi, kita harus terus menari."
"Saya suka gerakan ini, kita semua sama." (gerakan membuka seperti bunga mekar), dll.
Secara pribadi saya yakin mereka belum mengerti Wiraga,Wirama,Wirasa,dan Wirupa. Tapi mereka sudah mempraktikkannya dalam tarian secara tidak langsung.
- Wiraga: peragaan atau sikap dan gerak dari seluruh anggota tubuh. =) Mereka menampilkan keterampilan gerak dan tari sesuai arahan pembimbing, Pak Dadan. Meski tampak ada yang bingung bagaimana gerakan lanjutannya, bahkan tampak ada sedikit "diskusi" ketika menari tapi mereka berusaha mengikuti gerakan teman lainnya yang sudah lebih menguasai gerakan tarian.
- Wirama: ketukan / irama dan dinamika perpindahan sikap gerak yang selaras dalam tari. =) Sudah sesuai seperti yang diarahkan. Mereka mampu membedakan frase-frase yang menjadi bagian pokok dalam musik tarian.
Wirasa: ekspresi raut muka /mimik yang menggambarkan karakter tarian. =) Nah, bagian ini yang mendapat sorotan kita. Setiap latihan kita sudah mengarahkan anak ketika menari untuk senyum. Tetap ada saja ketika menari yang tampak tegang hingga kelihatan berwajah datar. Namun, terlihat jelas kalau siswa tersebut berusaha menghayati gerak sesuai dengan tuntutan tari.
-Wirupa (performers): penampilan penari dari ujung atas sampai ujung bawah. =) berbekal seragam sekolah, hiasan dedaunan dari alam, saya yakin penampilan mereka sudah mewakili bunga di alam. Mereka tampil alami. Layaknya bunga yang tumbuh dan berkembang secara alami.
Menakjubkan!
Intinya, ketika mereka tampil banyak keunikannya. Mereka tampil bukan untuk berkompetisi, tapi menilai seberapa jauh kemampuan.
Terus berkembang bunga-bunga SLB B Sukapura. Harum wangimu dan elok rupamu semoga kelak terus memberi warna cerah bagi nusa dan bangsa. Aamiin

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengirim Tulisan ke Harian Pikiran Rakyat

UNGKAPAN SALAM DALAM BAHASA KOREA I ( 인사 표현 )