Jumat, 24 Oktober 2014

Balas Budi Perbuatan Baik Teman


Judul                             : Burung Balam & Semut Merah (Bilingual; The Turtledove & The Red Ant)
Penyusun                                 : Rofiq Arochman
Translate                                  : Kris Irmansah
Ilustrasi                                   : Rudex
Desain                                     : Rofiq Arochman      
Penerbit                                   : MAP PLUS Bandung
Terbit                                       : 2013
ISBN                                       : 978-979-1072-57-1

 Buku bergambar, bertema tolong menolong dan membalas budi atas kebaikan teman ini cukup menarik. Gambar-gambar dalam buku mewakili burung balam yang memiliki sayap, dapat terbang di udara, dan memiliki kemampuan menolong teman yang tenggelam. Meskipun menurut saya pribadi cerita akan lebih menarik apabila disisipkan pengetahuan tentang burung balam. Jujur, saya sendiri belum tahu secara jelas seperti apa burung balam dan kenapa yang diceritakan burung balam? Dari mana aslinya burung balam ini?
Begitupun untuk cerita mengenai semut merah, alangkah lebih berartinya apabila ada pengetahuan yang disisipkan dalam cerita walaupun tidak secara langsung dan terbuka, iniloh semut merah, tinggalnya di sini, dan lainnya.
Meskipun begitu, konflik cerita, alur, plot, dalam buku akan sangat menarik bagi seorang anak. Pesan moral untuk menolong dan membalas budi kebaikan akan tertanam kuat dalam memori anak setelah membaca atau dibacakan buku ini secara berulang.
Bagaimana kisah tolong menolong burung balam dengan semut merah ini? Penasaran? Sila diburu bukunya untuk membiasakan anak membaca buku bergizi hingga memiliki karakter dan budi pekerti luhur dalam kehidupannya.

-          Semoga bermanfaat -

(Resensi Ini Ditulis untuk Mengikuti Lomba Indiva Readers Chalenge 2014)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan tinggalkan jejak.
Akan saya respon secepatnya.
Terima kasih sudah berkunjung.

Bersatu Memandirikan Anak Luar Biasa

  Sebelum adanya pandemi COVID-19, setiap hari Selasa, mulai pukul 11.00 WIB hingga selesai, peserta didik SLB B Sukapura kelas tinggi, sebu...