Ceritaku Bersama Keluargaku


Judul Buku      : Asal Mula Namaku
Penulis             : Devi Raissa
Ilustrator         : Guntur Gustanto
Penerbit           : Rabbitholeid.com








 A selalu menjadi pemimpin. Mungkin... karena namanya selalu menjadi pertama di absen. – Halaman 22-
Buku fiksi untuk anak-anak yang baru belajar membaca ini sangat asyik. Anak-anak seakan diajak berimajinasi ke dalam dunia baca dengan diawali tokoh-tokoh yang terlibat dalam asal mula namaku. Tokoh-tokohnya begitu dekat dengan keseharian anak berupa anggota keluarga.
Halaman demi halaman membawa anak pada bacaan sekaligus gambar berwarna –warni yang memikat.
Cerita dalam buku ini terasa tidak berurut dan lompat-lompat. Hmmm, sepertinya penulis sengaja menggunakan  alur maju-mundur. Menceritakan masa lalu terlebih dahulu, kemudian menceritakan keadaan “aku” masa kini.
Dulu, saat ibu hamil, ada kejadian unik. – halaman 2 –
Kejadian unik tersebut menjadi bagian dari asal mula namaku, sebagai tokoh dalam buku. Cerita demi cerita berlanjut pada pengalaman unik adik-adiknya.
Penulis yang satu ini cerdas merubah ketakutan menjadi kedekatan yang menghasilkan kreativitas. Kreativitas-kreativitas dalam buku ini ada beberapa macam, seperti; menuliskan, menempel, menyamakan, mengamati bentuk, mewarnai, dan bermain tebak gambar.
Meski ada beberapa bagian kertas yang lepas karena perekatnya kurang kuat, dan lipatan-lipatan kecil pada bagian kertas untuk kreativitas, tetapi buku ini benar-benar asyik mengajak pembaca awal untuk membaca sekaligus berimajinasi.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

UNGKAPAN SALAM DALAM BAHASA KOREA I ( 인사 표현 )

Mengirim Tulisan ke Harian Pikiran Rakyat