Selasa, 06 Januari 2015

Kunjungan ke Situs Bung Karno Banceuy

Menjadi kebahagiaan tersendiri pada tahun 2014 saya bisa masuk ke Situs (Sel Tahanan Bung Karno di Kota Kembang). Meski saya kebingungan harus bertanya kepada siapa, namun jejak rekaman gambar ini bagi saya sangat berharga untuk diabadikan.
Tak ada yang kebetulan. Saya sendiri sering sekali melewati jalanan sekitar sini sebelumnya. Tetapi sama sekali belum pernah tahu kalau di sekitar yang saya lewati ini terekam jejak sejarah #SuperPenting.
Bertepatan dengan adanya kegiatan yang dilakukan para pemuda (ntah apa lupa lagi namanya) dan saat itu siswa-siswi SLB B Sukapura tampil membawakan beberapa tarian. Ada Tarian Bunga, Tarian Indonesia bangkit, dan pastinya pertunjukkan seru juga persembahan para pemuda yang menggambarkan zaman sejarah kebersamaan Bung Karno dengan Ibu Inggit.

(Pak Dadan, Dodi, siswa-siswi SLB B Sukapura, serta mahasiswa PPL UPI menarikan tarian Indonesia Bangkit)

Sayang sekali, kamera genggam saya keburu tenggelam di Laut Setro Jenar Kebumen waktu libur ke sana. Dan hasilnya foto maupun video seadanya.

Alhamdulillah, dalam acara ini saya bisa berpose dengan (ceritanya batu nisan Ibu Inggit Garnasih)

Di dalam penjara waktu Bung Karno diasingkan terdapat sesajen. Entah itu kepercayaan, harus ada, atau bagaimana saya kurang mengerti karena tidak bisa bertanya kepada orang yang tepat. (Ah, dasarnya memang saya tidak tahu harus bertanya kepada siapa, getho.)


Ini bagi yang mau berkunjung bisa konfirmasi kepada kuncennya kalau kata orang Sunda. :)
Untuk memasuki situs ini harap lapor terlebih dahulu kepada pengurus situs. Hubungi: Bapak Achmad dengan nomor telepon: 087823221736.

Semoga tempat bersejarah ini dapat terus menjadi bukti kepada generasi berikutnya dan tak terhapus masa karena tergerus zaman.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan tinggalkan jejak.
Akan saya respon secepatnya.
Terima kasih sudah berkunjung.

Bersatu Memandirikan Anak Luar Biasa

  Sebelum adanya pandemi COVID-19, setiap hari Selasa, mulai pukul 11.00 WIB hingga selesai, peserta didik SLB B Sukapura kelas tinggi, sebu...