Kumpul Asyik IIDN dan IIDB (Seminar Kesehatan, Kepenulisan, dan Bisnis)

Acara hari ini (Minggu,20/09/2015) )dibuka oleh Bu Indari. Asyiknya, begitu datang langsung dapat goodie bag, isinya materi tentang Tumbuh dan Kembang Anak, dan gift lainnya. BTW, ini pertama kalinya saya bisa online langsung nulis apa yang disampaikan pemateri. Alhamdulillah banget, asyik,pulang tidak punya hutang tulisan. hhha.
Sempat soak waktu Bu Indari bilang untuk nge-blog di tempat.Maklumlah,berangkat terburu-buru dengan harapan bisa memperhatikan penyampaian pemateri dari awal. Ternyata memang datang tepat waktu, sayangnya power bank dan modem ketinggalan. Sempat illfell alias pesimis untuk bisa isi blog langsung di tempat. Alhamdulillah ternyata lancar sekali jaringannya.Dapat pinjam power bank juga dari Bunda Lusi (teman blogger di Kompasiana). Yuhuu... senyum cerah deh.
Sudah pada tahu,kan, apa itu IIDN (Ibu-Ibu Doyan Nulis) dan IIDB (Ibu-Ibu  Doyan Bisnis)? Itu loh komunitas yang dipelopori Bu Indari Mastuti. Saya secara pribadi tidak pernah menyangka kalau akhirnya akrab dengan komunitas ini. Padahal saya belum nikah (yeileh promo masih jomblo, #kagak penting banget). Sejujurnya, hari ini saya berterima kasih utuk Bu Indari yang sudah berkali-kali menyeret saya ke acara yang sering diadakan bersama komunitasnya.
 Alhamdulillah sering mendapatkan ilmu dan silaturrahimnya membuat saya makin kenal dengan banyak orang. #Super.

Jangan remehkan dehidrasi!

Dehidrasi adalah kondisi di mana tubuh kekurangan cairan, akibat kehilangan cairan yang tidak segera digantikan.Kita bisa kehilangan cairan tubuh setiap saat dalam 24 jam.
Tanda-tanda dehidrasi:
Dehirasi berbahaya karena dapat menyebabkan:
1. Kram otot terjadi karena kekurangan kalium dan kalsium
2. Menurunkan kekebalan tubuh
3.Mengganggu fungsi organ lainnya karena kekurangan oksigen dan lainnya.

Cara mencegah dehidrasi yaitu dengan minumlah sebelum haus.
Kenapa harus pocari sweat sebagai minuman pengganti ion tubuh?
1. Cepat mengembalikan cairan ion tubuh yang hilang
2. membuat tidak cepat haus
3. cepat diserap tubuh karena komposisinya mirip cairan tubuh
dibuat berdasarkan penelitian ilmiah
4. Tanpa pengawet.

Seminar Kesehatan "Pentingnya Cairan Tubuh untuk Mendukung Tumbuh Kembang Anak" oleh dr. Yani Dewi S, Sp. A,M. Kes.

pertumbuhan dan perkembangan anak dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal untuk mengoptimalisasi tumbuh kembang anak.

Pertumbuhan berkaitan erata dengan bertambah ukuran, baik itu berat badan dan tinggi. 
Sedangkan perkembangan berkaitan dengan skill/keterampilan beruupa motorik kasar, motorik halus, bahasa dan bicara, sosial dan emosional.

Pertumbuhan berhubungan erat dengan nutrisi,cairan dan gizi seimbang.
Sedangkan pekembangan berkaitan erat degan stimulus dan learning.

Aktifitas fisik pada usia balita:
  • Menurunkan indeks massa tubuh (IMT) dan lemak tubuh.
  • Menurunkan risiko penyakit kardiovaskular
  • Memperbaiki pembentukan tulang.
  • Memperbaiki kemampuan kognitif, sosial, dan emosional
Manfaat  Aktifitas Fisik dan Olahraga
  • Meningkatkan kesehatan fisik dan mental
  • Meningkatkan kecerdasan emosional
  • Meningkatkan sportivitas
  • sarana sosialisasi
  • Membangun rasa pecaya diri
  • Melatih kerja sama dalam kelompok
  • Menghindari kriminalitas
Pentingnya aktivitas fisik bagi anak karena melalui permainan, aktivitas fisik,keterampilan motorik anak akan berkembang dengan baik,dalam keseimbangan dan kekuatan fisikserta kecekatan gerak.
Kegiatan fisik berkaitan erat dengan cairan tubuh karena lebih dari 60% masa tubuh berisi cairan, selain itu cairan penyusun sel dan organ vital (otak 90%, otot 75%, hati 65%,tulang 2%). Selain itu cairan menjalankan fungsi fisiologis,mengedarkan nutrisi keseluruh tubuh,dan membuang sisa metabolisme dari tubuh.
Kebutuhan cairan berbeda-beda dipengaruhi  umur, jenis kelamin,aktifitas fisik,cuaca, lingkungan, diet (makanan), berat badan, kondisi kesehatan, dan kondisi lainnya seperti kehamilan, dll.
Dampak kekurangan Cairan:
  • Haus,lemas,perasaan tidak nyaman, performa terganggu.
  • Sakit kepala,kurang konsentrasi
  • Darah menjadi kental, sirkulasi menjadi berat,kerja jantung lebih berat
  • Suhu tubuh meningkat akibat kehilangan cairan
  • Peredaran nutrisi ke otak dan jaringan terganggu
  • Metabolisme dan sistem tubuh terganggu
Tanda dehidrasi:kecengungan ubun-ubun, mata cekung, air mata kurang, mulut kering. 

Take Hom messager:
1. Aktifitas fisik dan olahraga dapat mengoptimalkan tumbuh kembang anak
2.Kebutuhan cairan sangat penting untuk tubuh kita
Mengembalikan cairan tubuh anak bisa dengan cara minum sesuai kebutuhan cairan harian anak dan juga membiasakan makan buah-buahan dan sayuran.
(Serah terima sertifikat dari Pocari Sweat untuk Pemateri).
(Acaranya heboh banget. Sudah gratis, di tempat eksklusif dan nyaman, serta banyak yang dapat hadiah)

Next, acara terpenting bagi siapa saja yang pengin jadi penulis Apalagi tema kali ini "Seminar Bisnis dan Nulis". Pemateri kali ini adalah sarah Ismullah. Berdasarkan informasi dari Teh Indari ketika membuka cara tadi,Teh Sarah ini  dari awal dikawal Inscript sebagai peserta terbaik dalam kompetisi menulis.Dianya sendiri sempat kaget dan bertanya-tanya, "kok bisa ya jadi  juara? Padahal dari yang tadinya tidak bisa menulis."


Profile Sarah Ismullah ini adalah penulis, copywriter, founder Super Kids Advanture. Berdasarkan pengakuannya, "Dulu itu pertama kali di dunia penulisan ikut workshop dan magang di IIDN. Awal dari 2010 awal banget menulis buku."

Dulu pertama kali yang dipelajari adalah:
  1.  Membuat kerangka outline.
  2. Buku pertama yang terbit, "Mi Instan, sakit Instan?".  Sempat mendapat pertanyaan dari dokter, "Bukan bidangnya kok berani menulis begini?". Karena awalnya masih kebingungan akhirnya dibantu.
  3. Pertamanya bukan buku anak dan alhamdulillah sekarang sudah 17 buku cerita anak.
  4. Berdasarkan keterangan Teh Indari, penulis harus bisa menjual juga, jadi akhirnya menyebarkan juga di medsos. Kemudian membuat buku Kumpulan Lagu Daerah Nusantaradengan riset yang cukup panjang sampai kenalan dengan orang daerah tertentu.
  5. Presentasi kepada guru-guru Taruna Bakti di Jalan Riau.Senangnya dari satu workshop jadi banyak kegiatan.
  6. Bergabung dengan komunitas lainnya, termasuk Ibu-Ibu Doyan Bisnis.
  7. Dari penulis akhirnya membuat Super Kids Adventure.
  8. Berawal dari promo di jejaring sosial,akhirnya 9 Matahari mengajak menulis script writer untuk lomba dan hasilnya masuk 5 besar satu-satunya dari Indonesia. 
Berawal dari candaan percuma kalau ikut work shop hanya gitu-gitu saja,akhirnya membuat Super Kids Adventure.Setiap mengadakan acara pasti membuat poster menarik.
Dari menulis akhirnya membuat ide mempunyai kegiatan. Dari awalnya tidak kenal dengan orang-orang menjadi kenal dan membuat kerja sama.
Super Kids Adventure, menulis dan bisnis:
  1. Tempat Rekreasi
  2. Disiplin Target
  3. Berupa Tndakan (Nulis dan bisnis sama-sama harus dimulai.Ide banyak kalau tidak direalisasikan sama saja bohong).
  4. Practice Make Perfect (Kita makin sering menulis,makin banyak yang bisa kita perbuat,makin banyak karya)
Alhamdulillah,dulu yang harus cari peserta,sekarang datang dengan sendirinya. Jadi,untuk yang sudah menulis,ayo berbisnis. Dan yang sudah berbisnis,ayo kita menulis.

 
 
 

 

Komentar

  1. super duper sekali. asyik materinya

    BalasHapus
  2. Nice posting mbak, setuju banget kalau penulis harus bisa berbisnis, kalau bisa menjual sendiri bukunya tidak harus menungu royalti

    BalasHapus
  3. posting2 begini ini slalu saya jadikan sumber inspirasi... simpan di file ato share ke akun2 socmed saya... pengeeeeen banget bisa nulis... makasi share-nya mbak... ijin share2 juga yahh :D

    BalasHapus
  4. Komplit juga nih liputannya, tapi memang selalu asik yang bisa kumpul dan juga nambah ilmu. Makasih Santi udah sharing pengalamannya :)

    BalasHapus

Posting Komentar

Silakan tinggalkan jejak.
Akan saya respon secepatnya.
Terima kasih sudah berkunjung.

Postingan populer dari blog ini

Mengirim Tulisan ke Harian Pikiran Rakyat

UNGKAPAN SALAM DALAM BAHASA KOREA I ( 인사 표현 )