Kamis, 12 Desember 2019

Tips Praktis Mengelola Keuangan Secara Fun


Lantai 3 di salah satu ruangan Paberik Kopi Upnormal Coffee Roasters, Jl. Cihampelas No.96 Bandung, pada hari Sabtu, 7 Desember 2019, begitu sesak peserta Funancial #YangKamuMau. Mereka antusias mengikuti talkshow START-UP SMART: Financial Tips for Turning Your Hobby Into a Business.
Ledakan peserta - Dok. Susanti Hara
Dalam acara yang berlangsung pukul 09.30-12.30 WIB ini menghadirkan Dipa Andika sebagai main speaker. Sebagai seorang Financial Planner dan Co-Founder of Hahaha Corp, Dika memberikan banyak sekali tips-tips yang berhubungan dengan bagaimana seharusnya kita mengelola keuangan.
Acara yang menghadirkan host Ucita Pohan terasa sangat hidup. Sebagai pemandu acara, keceriaannya memandu kegiatan mampu lebih menghidupkan jalannya suasana sehingga peserta sangatlah antusias. Apalagi pembicaranya memiliki pengalaman luar biasa dan pemaparannya pun lengkap dengan tayangan penjelas sehingga semua asyik menikmati kegiatan.
Selain itu kehadiran Guest Speaker Mohammad Takdis sebagai ownerWhatravel Indonesia, makin memeriahkan suasana dengan menceritakan pengalaman-pengalamannya dalam pengelolaan keuangan.
Selain pemaparan dari narasumber, acara keren satu ini memberikan tantangan posting kegiatan selama acara di insta story istagram dengan hadiah yang telah mereka tentukan. Sudah bisa dipastikan para peminatnya begitu sibuk mengikuti kegiatan dan juga mengikuti tantangan posting di insta story instagram mereka.
Kesibukan Peserta Berkompetisi di IG - Dok. Susanti Hara
Penulis sendiri ikut posting dong di feed ig. Bisa chek lho keseruannya di susantihara. Di situ kalian bakal dapat bocoran materi yang disampaikan narasumber. Yupzzz, karena penulis membagikan beberapa cuplikan saat pemateri menampilkan slide.
Pada saat penulis datang. Dipa sedang asyik bagaimana seharusnya kita mendokumentasikan segala sesuatu dalam bisnis.
Alur dokumentasi - Dok. Susanti Hara
Dalam pemaparannya, melalui tayangan slide, Dipe memberikan gambaran alur dokumentasi mulai dari kontrak, pencatatan berbagai hal, bukti-bukti transaksi, dll. Intinya, hal sekecil apapun harus didoumentasikan.
Dipa juga menjelaskan alur pendapatan seseorang, mulai dari pendapatannya itu sendiri, kelebihan, pengeluaran, dan hal penting lainya adalah investasi. Diva menjelaskan secara lengkap seharusnya bagaimana kita mengelola keuangan.
Alur pendapatan seseorang - Dok. Susanti Hara
Hal menarik yang Dipa jelaskan adalah setiap orang harus memilki dana darurat yang terdiri dari tabungan, deposito, atau bisa juga dalam bentuk emas. Dana darurat ini akan digunakan ketika kita benar-benar memerlukan uang tersebut.
Gambaran dana darurat - Dok. Susanti Hara

Nah, ini hal yang harus menjadi catatan bagi seorang pengusaha, menurut Dipa, hutang tidak boleh lebih dari 30%. Seharusnya yang 30% itu investasi. Sebenarnya, terbayangkan ya jika hutang kita lebih dari 30% pendapatan, mungkin kita akan merasa begitu banyak kehilangan uang, hampir setengahnya untuk membayar hutang, sehingga kurang menikmati pendapatan dari apa yang telah kita kerjakan.

Gambaran alur keuangan seharusnya - Dok. Susanti Hara
Selain memaparkan begitu banyak hal mengenai keuangan, Dipa juga memberikan gambaran masalah dalam kehidupan seseorang. Ada 2 hal, mereka yang banyak mimpi, dan mereka yang enggak punya mimpi. Mereka yang punya banyak mimpi tentu membuat kehidupannya kurang fokus. Menurut para narasumber yang tampil dengan kesan santai namun merangkul peserta untuk asyik mengikuti talkshow, sekecil apapun mimpi, tuliskan!
Gambaran masalah seseorang - Dok. Susanti Hara
Kenapa? Karena mimpi adalah rencana kehidupan seseorang. Dengan perencanaan-perencanaan yang tepat dan pendokumentasian, mimpi akan lebih mudah dapat teraih karena gambarannya sudah jelas.
Mimpi adalah rencana - Dok. Susanti Hara
Sesuai temanya, event dari Home Credit ini telah membantu para peserta untuk mengenali impian finansialnya melalui berbagai tips dari narasumber dalam mengatur keuangan secara FUN, sehingga kedepannya akan lebih membantu dalam mencapai segala impian finansial.

Well, menjelang akhir acara ada sesi tanya jawab dan permaninan. Kalau enggak di rem ya, semua peserta pengin nanya dan ikut permainan.
Antusiasme peserta untuk bertanya - Dok. Susanti Hara
Salah satu game jelang akhir acara - Dok. Susanti Hara
So, buat kamu yang penasaran dengan kegiatan lainnya, bisa banget lho pantengin Home Credit .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan tinggalkan jejak.
Akan saya respon secepatnya.
Terima kasih sudah berkunjung.

Tips Praktis Mengelola Keuangan Secara Fun

Lantai 3 di salah satu ruangan Paberik Kopi Upnormal Coffee Roasters, Jl. Cihampelas No.96 Bandung, pada hari Sabtu, 7 Desember 2019, begi...