Lumpuh Kemampuan Menulis


Lumpuh Kemampuan Menulis

Susanti Hara Jv

Hampir seminggu ini kejadian ini terulang lagi. Di depan laptop mengalami kesulitan mengetikkan kata-kata. Daya dan kemampuan menulisku menguap begitu saja. Rasanya bingung ke mana harus menemukan uap yang telah berbaur bersama udara itu. (Ya, Rabb, jangan jadikan hamba ini kufur nikmat.)

Batin berteriak, mengapa bisa terjadi? Hanya untuk menuliskan kata saja memerlukan waktu lama untuk merenung di depan laptop.

Berbagai cara aku lakukan. Merenung, memaksa waktu lebih untuk menulis, bahkan membeli advan w100, gadget tablet computer 10 inchi yang dapat kugunakan ke mana pun dan di mana pun untuk menulis. Seharusnya, kemampuan itu begitu mudah kembali.

Benar, Alhamdulillah harus aku akui kemampuanku kembali perlahan. Bahkan bertambah dengan kemampuan lain, kemampuan menaklukkan gadget keyboard built in wireless Bluetooth pasangan advan w100 yang awalnya seringkali ingin membuatku menangis.

Bagaimana tidak? Eyya,tuh gadget yang masih baru beli dalam setengah bulan harus beberapa kali masuk vancare, tempat pembetulan gadget merk advan. Sudah begitu, keyboard wireless susah sekali untuk connet dengan tab. Walhasil harus browsing untuk mencari tahu lebih banyak agar dapat menaklukkan kebersamaan gadget ini.

Sudah seringkali ingin menelepon vancare untuk menanyakan passcode keyboard, tetapi rasanya aku segan karena sudah beberapa kali silaturrahim untuk membetulkan tuh gadget yang sekarang jadi gadget kesayangan ane.

Walhasil ane harus sering browsing iini itu,begini begitu, hingga tahu tentang passcode antara windows 8.1 dan keyboard dari situs asing. Sederhana sekali jawabannya dengan mengetikkan angka nol 4 kali (0000). Sayangnya, setelah diketikkan tetap saja nih keyboard susah nyambung. Sampai-sampai terpaksa beli keyboard otg 7 inci di lazada. Alhamdulillah banget rasanya begitu terima langsung dapat digunakan dengan baik. Bahkan harganya kurang dari Rp100.000,00. Waw… pengalaman pertama beli gadget via online bikin deg-degan, kira-kira bakal sampai enggak tuh gadget ke rumah. Subhanallah walhamdulillah, dalam waktu beberapa hari gadget sampai dan dapat digunakan sebaik-baiknya. Enak gaspol,pokoe!

Meski demikian, saya tetap berusaha menghubungkan keyboard wireless Bluetooth 3.0 dengan tablet computer w100. Kesannya maksa banget,memang iya juga sih. Habisnya kalau pakai gadget ini bisa dipakai ke mana pun sebagai bagian satu paket, bisa dipakai jarak jauh tanpa harus menyambungkan kabel.

Terus browsing sana-sini sekaligus mengamati setiap tulisan yang tertera di tab ketika mengkoneksikan kedua gadget ini. Gotchaaa, finally ketemu juga jawabannya. Di tablet ada pilihan untuk menyambungkan ke keyboard, kemudian mengetikkan sekitar 8 angka diketikkan di keyboard, kemudian tekan enter. Syukurlah Alhamdulillah nyambung lagi setelah kurang lebih dua bulan utek-utekan (kata orang Sunda mah), otak-atik nih gadget.

Masalah berakhir? Kagak dong. Nih kemampuan menulis masih belum balik. Ujungnya, seringkali asal mau menulisss, apa sasjalah bebas. Jadinya,Alhamdulillah bisa mengirim beberapa cerpen ke majalah Bobo. Tak apalah cerita pendek untuk anak pun, yang penting saja piker saat ini bisa tetap berkarya. Semoga Allah Subhanahu wata’ala menemani saya tuk terus berprestasi, menebarkan kebaikan melalui media tulissan.

Well, kemampuan menulis boleh lumpuh, tetapi yang telah Allah subhanahu wata’ala berikan di dalam kepala sebagai anugerah masih jernih. Dapat digunakan bersama panca indera lainnya uuntuk tetap berkarya.

Harus berulangkali dalam tiap hari meyakinkan diri, fighting! Dunia ini medan juang untuk berkompetisi dalam kebaikan, sebelum akhirnya kembali kepadaNya harus mempertanggungjawabkan segala sesuatu.

Saya selalu meyakinkan diri, saat diberikan waktu terbatas, menuntaskan K-Novel Bintang Jindo juga Allah Subhanahu wata’ala permudah,jadi semua pasti dipermudah juga selama kita tetap denganNya untuk berdoa, berikhtiar, berprestasi dalam kebaikan, serta lainnya.

 

Salam

Susanti Hara Jv

Bandung, 3 Mei 2015    

Komentar

  1. semangat, kalau belum semangat nulis, mungkin bisa lakukan kegiatan lain yang disukai kayak jalan2 atau memotret dll, biar mood balik :)

    BalasHapus
  2. Thanks Mbak Dedew. Sukses buat karya-karyanya. Aamiin

    BalasHapus

Posting Komentar

Silakan tinggalkan jejak.
Akan saya respon secepatnya.
Terima kasih sudah berkunjung.

Postingan populer dari blog ini

UNGKAPAN SALAM DALAM BAHASA KOREA I ( 인사 표현 )

Mengirim Tulisan ke Harian Pikiran Rakyat