Mau Jadi Blogger? Baca Ini Dulu, Deh!

Kemarin, Sabtu, 18/03/2017 merupakan acara Blogger Crony pertama yang saya ikuti. Acara ini benar-benar mengagumkan. Saya tidak pernah membayangkan harus mengikuti sesi materi hingga menjelang pukul 23.00 WIB. #dahsyatnya!
Sejujurnya, mata sudah mulai kurang bisa diajak kompromi karena sudah meminta jatah untuk istirahat. Namun, candaan host (Mbak Yayat) dan pemateri yang penuh dengan guyonan sanggup membuat saya bertahan membuka mata hingga acara benar-benar berakhir. Apalagi ditambah peserta tertawa ngakak, membangkitkan antusiasme saya untuk terus terjaga menyimak semua pemaparan Kang Away (Anwari Natari)
Sebenarnya, materi yang dibahasa mengenai reveiew yang elegan. Uniknya, dalam pemaparannya, Kang Away banyak membahas hal lain dan semuanya sukses membuat peserta yang hadir terus ngakak. Bahkan saya baru menyadari pagi ini kalau suara saya menjadi serak karena banyak ikut tertawa. Hehe.
Hal-hal yang Kang Away bahas, antara lain:
1.       Peran Blogger di Dunia dan Indonesia
Sejatinya, seorang blogger merupakan pilar demokrasi. Melalui tulisannya, seorang blogger dapat memberikan begitu banyak informasi dan pengetahuan bermanfaat bagi pembacanya. Seorang blogger bisa menjadi penyeimbang media mainstream dan juga mempropaganda pembacanya hingga mereka memahami mana yang benar dan mana yang salah.
2.       Masalah Blogger Secara Umum
Langsung senyum deh melihat judul satu ini. Masalah seorang blogger secara umum itu karena minim pengetahuan tentang menulis dan keterampilan bahasa. Kedua hal ini dapat  menyebabkan tulisannya kurang kreatif dan mendapat penilaian buruk atau kurang baik karena produktivitas bahasanya belum tepat dengan seharusnya.
3.       Masalah Berbahasa Secara Umum
Materi satu ini dari awal hingga tuntas membuat peserta sangat bersemangat karena terjadi interaksi yang membuat kita sadar betapa banyak kesalahan bahasa dalam kehidupan sehari-hari.
Kesalahan bahasa sehari-hari itu sering terbawa dalam tulisan hingga menjadi kesalahan bersama. Penyebabnya bisa saja dalam diri, seperti: sedang dikejar deadline atau yang penting tulisan isinya benar. Tentunya anggapan tersebut merupakan anggapan yang salah.
Apa sih akibatnya?
Bagi seorang blogger, akibat kesalahan bahasa terus dilakukan hingga berpengaruh dalam tulisannya, serta menyebar karena dianggap benar. Parahnya, kesalahan bahasa itu dilakukan secara turun-temurun. 
Di bawah ini adalah video kesalahan bahasa yang disampaikan Kang Away.
Dalam pemaparannya, Kang Away memberikan tips agar kesalahan tersebut tidak terus menerus, diantaranya:
1.       Menggunakan kosakata dan istilah umum yang digunakan oleh kebanyakan orang.
2.       Memilih masalah yang sedang menjadi pembicaraan hangat banyak orang (atau mengaitkannya).
3.       Menghindari penggunaan istilah asing yang belum tentu banyak orang tahu.
4.       Menyajikan sesuatu yang nyata dan spesifik, bukan pernyataan yang abstrak dan kabur.
Kenapa harus demikian? Karena menulis elegan itu menulis yang melayani pembaca. Melayani di sini maksudnya memberikan informasi atau pengetahuan dengan cara yang mudah dan nyaman ditangkap pembaca agar pembaca sama mengertinya dengan anggapan kita sebagai penulisnya.
4.       Review versus Copywriting
Menurut Kang Away: “ Review itu memberikan informasi, keputusan ada pada pembaca. Sedangkan copywriting adalah memberikan informasi untuk mengarahkan keputusan pembaca.
5.       Asumsi
Seringkali seorang penulis menganggap pembaca sama mengerti dengan penulisnya. Padahal sebenarnya tidak demikian  karena penyebab utamanya muncul dalam masalah penulisan.
6.       Memaksimalkan Konten dengan Bahasa (Kreator Lalu Editor)
Dalam hal ini, menulis bukanlah sekedar menulis. Dalam slide-nya, Kang Away memberikan gambaran, sudah nulis? Sudah bikin mengerti? Sudah bikin mengerti dengan baik.
Waw, alhamdulillah luar biasa. Saya menjadi termotivasi untuk membuat tulisan yang membuat mengerti pembacanya dengan baik. Meski tentunya saya menyadari betul, hal tersebut membutuhkan latihan berkesinambungan.

Terima kasih Kang Away untuk pemaparannya. Saya  merasa menarik napas dengan udara yang menyegarkan dalam dunia kepenulisan. Terima kasih juga untuk Mbak Wawa dan tim Blogger Crony, serta PT. Soman Indonesia yang telah menyelenggarakan kegiatan berharga ini.

Komentar

  1. Terima kasih teh Hara jauh dan perjuangan datang ke Bogor dr Bandung. Apalag BCC tanpa blogger yg solid dan haus ilmu spt teteh. Salam hangat

    BalasHapus
  2. SAYA SEKELUARGA INGIN MENGUCAPKAN BANYAK TERIMAH KASIH KEPADA AKI NAWE BERKAT BANTUANYA SEMUA HUTANG HUTANG SAYA SUDAH PADA LUNAS SEMUA BAHKAN SEKARAN SAYA SUDAH BISA BUKA TOKO SENDIRI,ITU SEMUA ATAS BANTUAN AKI YG TELAH MEMBERIKAN ANKA JITUNYA KEPADA SAYA DAN ALHAMDULILLAH ITU BENER2 TERBUKTI TEMBUS..BAGI ANDA YG INGIN SEPERTI SAYA DAN YANG SANGAT MEMERLUKAN ANGKA RITUAL 2D 3D 4D YANG DIJAMIN 100% TEMBUS SILAHKAN HUBUNGI AKI NAWE DI 085-218-379-259 ATAU KLIK SITUS KAMI PESUGIHAN TAMPA TUMBAL NYATA

    BalasHapus

Posting Komentar

Silakan tinggalkan jejak.
Akan saya respon secepatnya.
Terima kasih sudah berkunjung.

Postingan populer dari blog ini

Mengirim Tulisan ke Harian Pikiran Rakyat

UNGKAPAN SALAM DALAM BAHASA KOREA I ( 인사 표현 )