Seberapa Banyak Anda Mengenal Aqua dan Perusahaannya?

Pernahkah berpikiran kalau perusahaan air minum itu merusak lingkungan kehidupan kita? Itu sih pemikiran saya banget sebelum mengikuti kegiatan pada hari Senin, 20 April 2017 yang diadakan di Palm restoran.
Melalui pemaparan dan tayangan video serta slide dari Pak Arif Mujahidin selaku Dir.Komunikasi Danone Indonesia, Pak Joko Prasojo selaku KA Pabrik Aqua Subang, dan Bu Chrysanthi Tarigan selaku Corporate Comm Danone Indonesia, saya mendapatkan banyak penjelasan dan pengetahuan yang sangat menarik.
Aqua merupakan minuman yang sudah sangat terkenal dalam kehidupan keseharian saya. Apalagi sekarang iklannya sangat menarik. Tentu makin menambah ketenarannya. Aqua ini merupakan salah satu produk dari Danone Indonesia. Danone merupakan perusahaan makanan dan minuman global yang berpusat di Paris, Perancis yang memiliki misi untuk membawa kesehatan melalui produknya kepada sebanyak mungkin orang. Meneruskan misinya di Indonesia untuk memberikan kesehatan melalui makanan dan minuman, Danone berkomitmen untuk terus memberikan kesehatan melalui produknya.
Danone Indonesia terdiri dari 3 kategori utama, yaitu minuman AMDK (AQUA & VIT) dan minuman ringan non karbonasi (Mizone, Levite). Dan menariknya lagi, ternyata produk nutrisi untuk kehidupan awal (Nutricia dengan produknya Nutrilon Royal dan Bebelac serta Sari Husada dengan produknya SGM Eksplor, SGM Bunda, Lactamil, serta nutrisi medis lainnya merupakan produk Danone Indonesia yang saat ini memiliki 24 pabrik dan 15 depot yang tersebar di seluruh Indonesia dengan 15.000 karyawan yang tersebar di seluruh Indonesia. Nah, sudah jelas dong kalau Danone memiliki 4 kategori bisnis yang utama, yaitu: produk susu segar, air, nutrisi awal kehidupan, dan nutrisi medis.
Dulu saya mungkin berpikiran negatif dengan yang namanya perusahaan air minum. Namun ternyata oh ternyata, Danone ini memiliki komitmen ganda, yaitu: tidak hanya sukses dalam bisnis tetapi juga kemajuan sosial, perusahaan bertujuan untuk membangun masa depan yang lebih sehat, kehidupan generasi mendatang yang lebih baik dan dunia yang lebih baik bagi semua pemangku kepentingannya yang terdiri atas 100.000 karyawan, konsumen, pelanggan, pemasok, pemegang saham, dan semua masyarakat yang terdampak.


Komitmen ganda dalam hal sukses bisnis ini mereka implementasikan dalam berbagai inisiatif sosial dan lingkungan agar sesuai dengan komitmen sukses bisnis haruslah sejalan dengan perhatian terhadap lingkungan dan sosial, berupa:
  1. Taman Pintar: Taman Air Menari Sarihusada, Zona PAUD Barat dan Timur dan Zona Air Aqua merupakan sarana interaktif untuk anak-anak bermain dan belajar.
  2. Warung Anak Sehat yang berada di 124 titik di Indonesia telah melatih 270 guru lewat 124 pelatihan
  3. PAUD 1000 Anak Banga: Danone merevitalisasi 21 PAUD yang tersebar di Jakarta dan Jawa Tengah.
  4. Duta 1000 Hari Pertama Kehidupan untuk menjaga kesehatan ibu hamil.

Dari setiap keterangan yang ada, sejujurnya saya takjub ketika mengetahui program yang telah berjalan sejak tahun 2009 ini memiliki 960.000 penerima manfaat. Apalagi, Danone ini berhasil mengurangi CO2 sebanyak 22% sejak tahun 2008. Dan harus saya akui dengan jujur, Danone ini telah menciptakan dan meningkatkan lapangan pekerjaan.
Bagaimana tidak? Coba bayangkan? Semua pasti tahu iklannya Aqua? Sebuah iklan yang professional pasti memerlukan orang-orang yang professional juga. Belum lagi pendistribusian dan proses pengolahan Aqua. Pengirimannya ke seluruh Indonesia tentu memerlukan tenaga kerja.
Dalam kegiatan Media Gathering Danone Indonesia saya mendapatkan input berharga bahwa kita harus selalu berpikiran positif untuk mendapatkan input positif dan juga output positif.


Ok. Selamat membaca karya tulisan saya yang lainnya. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengirim Tulisan ke Harian Pikiran Rakyat

UNGKAPAN SALAM DALAM BAHASA KOREA I ( 인사 표현 )