Pernahkah
berpikiran kalau perusahaan air minum itu merusak lingkungan kehidupan kita?
Itu sih pemikiran saya banget sebelum mengikuti kegiatan pada hari Senin, 20
April 2017 yang diadakan di Palm restoran.
Melalui pemaparan
dan tayangan video serta slide dari Pak Arif Mujahidin selaku Dir.Komunikasi
Danone Indonesia, Pak Joko Prasojo selaku KA Pabrik Aqua Subang, dan Bu
Chrysanthi Tarigan selaku Corporate Comm Danone Indonesia, saya mendapatkan
banyak penjelasan dan pengetahuan yang sangat menarik.
Aqua merupakan
minuman yang sudah sangat terkenal dalam kehidupan keseharian saya. Apalagi
sekarang iklannya sangat menarik. Tentu makin menambah ketenarannya. Aqua ini
merupakan salah satu produk dari Danone Indonesia. Danone merupakan perusahaan
makanan dan minuman global yang berpusat di Paris, Perancis yang memiliki misi
untuk membawa kesehatan melalui produknya kepada sebanyak mungkin orang.
Meneruskan misinya di Indonesia untuk memberikan kesehatan melalui makanan dan
minuman, Danone berkomitmen untuk terus memberikan kesehatan melalui produknya.
Danone Indonesia
terdiri dari 3 kategori utama, yaitu minuman AMDK (AQUA & VIT) dan minuman
ringan non karbonasi (Mizone, Levite). Dan menariknya lagi, ternyata produk
nutrisi untuk kehidupan awal (Nutricia dengan produknya Nutrilon Royal dan
Bebelac serta Sari Husada dengan produknya SGM Eksplor, SGM Bunda, Lactamil,
serta nutrisi medis lainnya merupakan produk Danone Indonesia yang saat ini
memiliki 24 pabrik dan 15 depot yang tersebar di seluruh Indonesia dengan
15.000 karyawan yang tersebar di seluruh Indonesia. Nah, sudah jelas dong kalau
Danone memiliki 4 kategori bisnis yang utama, yaitu: produk susu segar, air,
nutrisi awal kehidupan, dan nutrisi medis.
Dulu saya mungkin
berpikiran negatif dengan yang namanya perusahaan air minum. Namun ternyata oh
ternyata, Danone ini memiliki komitmen ganda, yaitu: tidak hanya sukses dalam
bisnis tetapi juga kemajuan sosial, perusahaan bertujuan untuk membangun masa
depan yang lebih sehat, kehidupan generasi mendatang yang lebih baik dan dunia
yang lebih baik bagi semua pemangku kepentingannya yang terdiri atas 100.000
karyawan, konsumen, pelanggan, pemasok, pemegang saham, dan semua masyarakat
yang terdampak.
Komitmen ganda
dalam hal sukses bisnis ini mereka implementasikan dalam berbagai inisiatif
sosial dan lingkungan agar sesuai dengan komitmen sukses bisnis haruslah
sejalan dengan perhatian terhadap lingkungan dan sosial, berupa:
- Taman Pintar: Taman Air Menari Sarihusada, Zona PAUD Barat dan Timur dan Zona Air Aqua merupakan sarana interaktif untuk anak-anak bermain dan belajar.
- Warung Anak Sehat yang berada di 124 titik
di Indonesia telah melatih 270 guru lewat 124 pelatihan
- PAUD 1000 Anak Banga: Danone
merevitalisasi 21 PAUD yang tersebar di Jakarta dan Jawa Tengah.
- Duta 1000 Hari Pertama Kehidupan untuk
menjaga kesehatan ibu hamil.
Dari setiap keterangan yang ada, sejujurnya saya
takjub ketika mengetahui program yang telah berjalan sejak tahun 2009 ini
memiliki 960.000 penerima manfaat. Apalagi, Danone ini berhasil mengurangi CO2
sebanyak 22% sejak tahun 2008. Dan harus saya akui dengan jujur, Danone ini
telah menciptakan dan meningkatkan lapangan pekerjaan.
Bagaimana tidak? Coba bayangkan? Semua pasti
tahu iklannya Aqua? Sebuah iklan yang professional pasti memerlukan orang-orang
yang professional juga. Belum lagi pendistribusian dan proses pengolahan Aqua.
Pengirimannya ke seluruh Indonesia tentu memerlukan tenaga kerja.
Dalam kegiatan Media Gathering Danone Indonesia
saya mendapatkan input berharga bahwa kita harus selalu berpikiran positif
untuk mendapatkan input positif dan juga output positif.
Ok. Selamat membaca karya tulisan saya yang
lainnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Silakan tinggalkan jejak.
Akan saya respon secepatnya.
Terima kasih sudah berkunjung.