Siapa Saja Bisa Mengetahui IQ Anak



Judul           :SUPER INTELLIGENCE (TES IQ ANAK PRA-TK, TK, SD)
Penulis                                    : M. Hariwijaya & Atik Sustiwi
Tata Letak & Desain Sampul: Norman Corp
Penerbit                                   : Elmatera Publishing
Terbit                                       : Cetakan Pertama, Juni 2009
ISBN                                       : 978-979-17835-4-3
Tebal buku                              : 232 halaman

Menyesal rasanya baru menemukan buku ini di Pameran Buku bandung 2014. Padahal, selama ini saya mencari buku-buku untuk mengukur potensi kecerdasan anak. Buku ini cukup beda dengan yang sudah saya miliki. Buku ini terdiri dari 5 bagian tes untuk anak sesuai perkembangan usianya.
Alat ukur Tes Inteligensi Anak ini bermaksud untuk mengetahui tingkat kecerdasan anak. Sebab, kecerdasan berkaitan dengan ketepatan pemahaman akan tugas, kewajiban, hak, wewenang, dan pengambilan keputusan.
Inteligensi adalah kemampuan untuk bertindak secara terarah, berpikir secara rasional, dan menghadapi lingkungannya secara efektif. Dapat disimpulkan bahwa inteligensi adalah suatu kemampuan yang melibatkan proses berpikir secara rasional. Inteligensi tidak dapat diamati secara langsung, melainkan harus disimpulkan dari berbagai tindakan nyata yang merupakan manifestasi dari proses berpikir rasional.
Saat ini Tes Inteligensi digunakan untuk banyak kegunaan dalam studi dan perusahaan. Para anggota baru yang akan masuk ke angkatan bersenjata hampir di semua negara maju dan berkembang akan menggunakan Tes Inteligensi sebagai pintu masuk. Para psikolog percaya bahwa Inteligensi menentukan 90% keberhasilan hidup. Jika seseorang memilik IQ tinggi, ditambah dengan EQ yang tinggi pula, orang tersebut akan lebih mampu menguasai keadaan, dan merebut setiap peluang yang ada tanpa membuat masalah yang baru.
Faktor-faktor yang memengaruhi inteligensi, yaitu: bawaan atau genetik, kondisi lingkungan, serta gizi yang memengaruhi perkembangan otak.
Pengaruh IQ dengan kesuksesan dalam hidup sangat tinggi. Misalnya, inteligensi memengaruhi kreativitas seseorang. Sedangkan kreativitas merupakan salah satu ciri dari perilaku inteligen sebab kreativitas adalah manisfestasi dari suatu proses kognitif. Walau ada anggapan, kreativitas memiliki hubungan yang bersifat kurva linear dengan inteligensi, tapi bukti-bukti dari peneltitian tidak mendukung hal itu. Kreativitas adalah suatu proses berpikir yang bersifat divergen, yaitu kemampuan untuk memberikan berbagai alternatif jawaban berdasarkan informasi yang diberikan. Tes Inteligensi Anak dirancang untuk mengukur proses berpikir yang bersifat konvergen, yaitu kemampuan untuk memberikan satu jawaban atau kesimpulan yang logis berdasarkan informasi yang diberikan melalui soal-soal verbal, numerik, spasial dan logika.
Dalam buku inilah, selain mendapat penjelasan informasi di atas, diberikan pula keterangan bagaimana menggunakan buku untuk membimbing orangtua, guru, atau pihak manapun yang bermaksud menggunakan buku tes ini.
Lembaran-lembaran tes, ada kunci jawabannya setelah menyelesaikan seluruh soal dalam tiap bagian. Sayangnya, buku ini tidak dilengkapi keterangan lebih jelas mengenai jawaban anak. Meski demikian, buku ini sangat membantu dalam mengetahui karakteristik soal sesuai dengan usia anak, sehingga dapat saya terapkan penggunaannya di sekolah.
*Semoga bermanfaat*
(Resensi Ini Ditulis untuk Mengikuti Lomba Indiva Readers Chalenge 2014)



Komentar

Postingan populer dari blog ini

UNGKAPAN SALAM DALAM BAHASA KOREA I ( 인사 표현 )

Mengirim Tulisan ke Harian Pikiran Rakyat