Menghipnotis Pembaca dan Menjadikan Tulisan Bertengger Nomor 1 di Google

Dear Blogger, apa yang terlintas dalam pikiranmu ketika mendengar kata SEO (Search Engine Optimization / optimasi mesin pencari) dan Hypno Writing? Pastinya langsung penasaran dong! Nah, itulah yang membuat saya datang ke event Roadblog10Cities Bandung, pada Sabtu, 14 Mei 2016, Hotel Best Western Premier La Grande di Jln. Merdeka 25-29 (seberangnya BIP) Bandung.
Seharusnya, pukul. 08.00 WIB saya sudah berada di tempat kegiatan hingga pukul 17.00 WIB. Sayangnya, mendadak di sekolah tempat saya mengajar gurunya harus keluar kota mendampingi siswa mengikuti tes dan lainnya sebagainya. Walhasil, saya datang melewati jam seharusnya.
Namun, tak apalah saya tetap kebagian tentang materi bagaimana cara membuat artikel bertengger di urutan satu google yang disebut (SEO) dan bagaimana menghipnosis pembaca dengan tulisan (Hypno writing). Yailah karena 2 materi itu disampaikan menjelang akhir acara. Saat dimana konsentrasi peserta sudah mulai menurun karena mengantuk dan sebagainya. 
Pada saat pemaparan materi yang saya nanti-nanti mengenai SEO, fokus saya timbul tenggelam. Terus, apakah saya melewatkan ilmuj keceh satu ini begitu saja? Oh, no! Saya berusaha minta materinya dong sama panitia supaya benar-benar bisa menguasai. Akhirnya, Teh Efi mengarahkan saya pada blog pematerinya: http://www.argun.id/seo-terlihat-menarik-di-google/.  

SEO adalah suatu teknik agar

Terlihat Menarik di Google

  • 1. Terlihat
  • 2. Menarik
  • 3. Di Google
Tampil di urutan yg mudah dilihat/ditemukan pada kata kunci yg dicari. Posisi ini biasanya didominasi oleh posisi 10 besar (Top 10). (sumber: http://www.argun.id/seo-terlihat-menarik-di-google/2/)
Gimana? Sudah paham belum? Kalau masih bingung, yuk lanjutkan lagi ya! 
Kalau dalam pengertian SEO tadi urutannya adalah 1. Terlihat 2. Menarik dan 3. Di Google, maka pada prakteknya kita harus melakukan konsep terbalik sebagai berikut:

1. Google

Supaya tidak salah sasaran, tentukan dahulu target kata kunci/keyword dan search engine yang akan kita optimasi.. – Apakah google.com atau google.co.id? – Apakah Google Bahasa Indonesia atau Bahasa Asing? Hal ini berkaitan erat dengan kata kunci yang ditargetkan

2. Menarik

Setting meta title dan meta deskripsi utk search engine (seo onpage) agar terlihat menarik utk lebih dahulu dikunjungi orang sesuai kata kunci yg ditargetkan.
Title for search engine (search engine listing) ini tidak harus sama dengan judul halaman kita, sebab settingan ini hanya dimaksudkan utk tampil menarik di google max 70 karakter.
Contoh:
Kata kunci yang dibidik: handphone X, review handphone X, harga handphone X, spesifikasi handphone X
Judul Halaman: Senangnya punya handphone X Titel for SE: Review, Harga dan Spesifikasi Handphone X
Deskripsi: Buatlah ulasan singkat tapi menarik (mengandung kalimat yang ada di title) yang kemungkinan bisa dimuat google dalam 140 karakter. Jika deskripsi kita lebih panjang, maka google tetap akan memuatnya hanya 140 karakter yang dianggap lebih relevan, entah itu 140 karakter di awal, bisa juga di tengah mau pun di akhir.
Penggunaan deskripsi yg panjang dan komplit akan membuat halaman kita banyak terangkat oleh berbagai kata kunci yg relevan. Tapi kalau title dan deskripsinya tidak menarik ya belum tentu orang mau ngeklik/berkunjung ke blog/web kita

3. Terlihat

Inilah teknik seo yang paling dominan yang sangat menguras tenaga dan pikiran (seo offpage). Untuk bisa terlihat di halaman depan, sebuah blog/situs harus memiliki banyak backlink yang berkualitas.
Ibarat PEMILU, seorang Caleg misalnya, harus memiliki banyak suara yang mendukungnya. Tak peduli calon ini orang pantas atau tidak, jika banyak suara yg mendukungnya dia pasti bakal menang. Begitu pun sebuah halaman web/blog, tak peduli isinya kosong/ga karuan (cuma gambar produk dan harga saja, atau blog agc misalnya), jika didukung oleh banyak backlink maka dia bisa bersaing di Top 10 Google.

Meta Search Engine Analyzer

Periksa url anda (root domain, page mau pun single post), seperti apa tampilannya di browser google?…
Enter a URL : http://  
SUDAH MENARIKKAH META SEARCH ENGINE ANDA?…
Gunakanlah Bahasa Marketing (buying keyword) yang unik, yang bisa membuat orang penasaran untuk berkunjung ke halaman Anda!”

Nah, itu dia materi singkat 30 menit dari Kang Argun, Dewa SEO di acara RoadBlog Bandung. Gimana? Masih penasaran dengan Hypno Writing? Harus dong! Kalau mau menjadi penulis beneran yang menginspirasi, ya tulisannya harus mempunyai efek khusus buat pembacanya.
Dalam acara kemarin di hotel berkelas di depan jalan raya itu, Bang Aswi sebagai pemateri lebih banyak mengajak kita menyelami kehidupan seorang artis *Yui, penyanyi asal Jepang yang menginspirasi beliau. Sudut pandang yang memiliki persamaan antara dunia seni musik dan seni menulis. Dalam segala hal, konsisten sangat diperlukan untuk mampu mewujdukan impian.
Nah lho, sudah seberapa konsisten kita di bidang masing-masing? 
Masih penasaran dengan keseruan lainnya? Tunggu tulisan saya berikutnya ya. 
Salam sukses selalu


Komentar

  1. Kadang saya suka ga ngeh soal bertengger di page 1 google... SEO rumit-rumit gimana gitu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rumit tapi mengasyikkan bukan... hihi

      Hapus
  2. barusan nyoba isi di meta analyzer hasilnya

    Meta Title No Title 8
    Meta Description No Description 14
    Meta Keywords No Keywords 1

    itu maksudnya gimana mba?gmn memperbaikinya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wuih langsung dipraktekkan. keren

      Hapus
  3. wuaaa dari dulu pengen coba belajar SEO huhuhuhuhuhu cuma entah kenapa istilah-istilahnya berat sekali huhuhuhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama... istilahnya memang berat tapi kalau sudah rajin praktik menulis, semua bisa mengikuti tanpa kita sadari. Sukses untuk karya-karyanya

      Hapus
  4. WOW... pengen belajar lebih detilnya, Mbak Susanti. Secara, daku masih belum pinter di blog.

    BalasHapus
  5. Sama, saya juga sedang terus upgrade diri

    BalasHapus
  6. Wah... dapet ilmu lagi nih mba. Terima kasih banyak utk informasinya ya mbak :D

    btw, daku juga ngefans sama YUI :D

    BalasHapus

Posting Komentar

Silakan tinggalkan jejak.
Akan saya respon secepatnya.
Terima kasih sudah berkunjung.

Postingan populer dari blog ini

UNGKAPAN SALAM DALAM BAHASA KOREA I ( 인사 표현 )

Mengirim Tulisan ke Harian Pikiran Rakyat