Future Meter, Semua Orang Bisa Mengenali Diri Sendiri


Judul buku : Future Meter
Penulis : @PsikologPop
Penata isi : Baskom Studio
Penata kover : Baskom Studio
Penerbit : Gramedia Widiasarana Indonesia
Terbit : Jakarta 2014
Tebal buku : 230 halaman

Kamis, 10 Juli 2014 ketika saya ke Gramedia Trans Studio Mall, buku Future Meter ini masuk ke dalam jajaran Recomended Buku. Dari segi kover mungkin akan terlihat biasa, seperti jajaran buku lainnya. Namun ketika membuka isinya, lembaran dalam buku ini terasa unik akan kekhasannya berbingkai biru pada setiap pinggiran lembaran.
Jika anda membayangkan buku ini akan ada tentang shio, ramalan zodiak, kepribadian dilihat dari segi warna, golongan darah, primbon mimpi, atau ramalan bola kristal, maka bayangan itu harus segera dibuang jauh.
Membuka bagian setelah halaman judul, serentetan judul dalam daftar isi sugguh menarik perhatian. Semisal dari judul bagian 1, Tebak kepribadianmu dari Kover CD. Penasaran, kan, ada hubungan apa antara kepribadian dan kover CD? Apalagi ketika membaca halaman Your Future is Your Personality. Meski awal membacanya terkesan “abu-abu”, namun terselip pesan yang begitu dalam.
Masa depan ditentukan oleh apa yang kita lakukan hari ini. Berbagai ramalan tentang masa depan boleh saja dilakukan, tapi tidak ada yang menjamin apakah akan menjadi kenyataan atau tidak. “Bukan bintang-bintang yang menggenggam masa depan kita, melainkan diri kita sendiri,” begitu kata William Shakespeare. Sementara itu Winston Churchill berkata, “Kekuasaan atas masa depan adalah kekuasaan kita atas pikiran.” – halaman V –
Buku ini bukan buku teori psikologi seperti kebanyakan buku kepribadian. Buku Future Meter, Tes Seberapa Dahsyat Masa Depan & Kepribadianmu ini memuat 2 bagian.
Bagian 1, Kamu dan Kepibadianmu. Terbagi lagi ke dalam 16 sub bagian. Di bagian ini ada sejumlah kuis yang harus dijawab secara jujur kalau ingin mengetahui kepribadian kita sesungguhnya.
Bagian 2, Kamu dan Masa Depan. Di bagian ini terbagi lagi ke dalam 14 sub bagian. Setelah menjawab pertanyaan-pertanyaan secara jujur, maka diharapkan pengisi kuis akan mendapat pencerahan mengenasi masa depan.
Kunci mengisi setiap soal dalam kuis ini adalah jujur pada diri sendiri. Ya, tanpa kejujuran bagaimana mungkin kamu akan tahu kepribadianmu sendiri. Hal ini membuat kita lebih mengetahui diri sendiri. Tidak usah takut untuk jujur menjawab. Toh, tidak ada yang tahu selain diri kamu sendiri sebagai pengisi kuis.
Nah, setelah kita tahu tentang diri kita sendiri, tentu kita akan lebih tahu bagaimana cara pandang kita terhadap masa depan, dan akan menjadi apa kita di masa depan. Semua itu berawal dari kejujuran kepada diri sendiri. Karena tentu saja masa depan ditentukan oleh apa yang kita lakukan hari ini. Ramalan apapun bukan jaminan sesuatu itu akan menjadi kenyataan atau tidak. Namun, dengan mengenal diri sendiri, mengetahu apa yang kita inginkan. Bagaimana cara pandang kita, tentu membuat kita lebih tepat menentukan langkah untuk masa depan.
Jika kita melakukan tes psikologi di suatu tempat yang khusus dengan tenaga ahli khusus, maka mereka akan menampilkan apa kelebihan dan kelemahan kita berdasarkan hasil tes psikologi tersebut. Sehingga para psikolog bisa mengarahkan kliennya begini dan begitu.
Sedangkan buku ini benar-benar beda. Semua kuis dijawab sendiri, kemudian hasil dihitung sendiri, dan kesimpulan disimpulkan sendiri berdasarkan kaitan skor nilai dengan dominan banyaknya jawaban yang telah disediakan, untuk kemudian disesuaikan dan didaptkan hasil mengenai kepribadian kita.
Bahasa dalam buku ini sederhana, mudah dimengerti, dan mudah sekali untuk dijawab karena hanya meminta jawaban dari kejujuran kita. Buku ini cocok untuk remaja, dewasa, maupun siapa saja yang ingin mengetahui kepribadiannya.
Membaca buku ini, seakan saya menemukan banyak hal baru mengenai diri sendiri. Meski sempat terlintas, kayaknya akan lebih asyik kalau disebutkan dalam buku ini, sudah dilakukan penelitian selama berapa lama penelitiannya, atau menggunakan sample berapa orang penelitian dalam buku ini, sehingga tentu saja tingkat validitas keakuratannya lebih terpercaya.
Namun, bagaimanapun, mengisi buku ini sangat mengasyikkan. Dari mengisi kuis ini pengetahuan tentang kepribadian bertambah. Bisa jadi berhadiah persiapan untuk merancang arah masa depan.
_ Semoga bermanfaat _

(Resensi Ini Diikutkan dalam Lomba Indiva Readers Challenge (IRC) 2014

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengirim Tulisan ke Harian Pikiran Rakyat

UNGKAPAN SALAM DALAM BAHASA KOREA I ( 인사 표현 )