Blogger Sangatlah Istimewa

Hal yang tak pernah saya duga di acara KUDO adalah belajar menulis untuk blog. Selama ini saya  merasa tulisan di blog pribadi masih asal dan kurang terarah. Dalam waktu kurang dari 2 jam, melalui pemaparan Dr. Rulli Nasrulloh, M.Si yang sangat terkenal dengan sebutan Dosen Galau dan juga Kang Arul, saya mendapatkan pencerahan yang sangat penting untuk menulis di blog kedepannya.
Begitu gamblang Kang Arul yang sehari-hari bergiat sebagai dosen, blogger, dan juga penulis buku ini membeberkan fakta-fakta yang ada dalam dunia blogger. Apalagi ketika memaparkan 8 tips menulis, tentu menjadi perhatian tersendiri.
Delapan tips menulis itu, antara lain: singkat, berurutan, menceritakan bukan menunjuk, data, berbeda, jelas, fokus, konsisten.

(Pemaparan 8 tips menulis - Dok. Susanti Hara)

Dari 8 bagian yang dijelaskan, ternyata masih ada beberapa kesalahan ketika saya menuangkan tulisan dalam bentuk reportase. Biasanya kalau menulis dalam satu reportase, kejadian apapun akan saya tuangkan dalam tulisan. Ternyata, menulis reportase itu harus singkat, jelas, unik, dan mudah dibaca. Padahal menulis itu dunia dalam 60 detik.
Berdasarkan hasil penelitian, pembaca blog biasanya bertahan paling lama 3 menit. Meskipun demikian tulisan di blog harus jujur dan unik dalam artian jangan bohong hanya sekedar mencari sensasi.
Apabila menghadiri undangan maka sangat penting membuat tulisan bukan hanya sekedar laporan, namun membuat ulasan yang sesuai dengan brand pengundang karena sekarang perusahaan sudah lebih selektif memilih blogger untuk mempromosikan produknya.
Bagian ini juga sangat menarik. Ternyata apabila menghadiri undangan untuk membuat ulasan suatu produk tertentu, kita tidak perlu menuliskan seluruh infromasinya. Lebih baik membagi informasi menjadi beberapa artikel dalam masa beberapa waktu.
Sekarang eranya blogger mencari tambahan. Pada tahun 2016 brand mulai memilih-milih blog. Maka jadilah blogger yang menulisnya tidak hanya sekedar menuntaskan kewajiban semata. Namun blogger yang benar-benar ikhlas dan memiliki passion yang tinggi.
Selain 8 tips menulis, Kang Arul pun memberikan gambaran mengenai persoalan mencari ide sebagai masalah tersendiri. Ide tidak muncul sendiri melainkan dicari, tetapi ide bisa saja muncul sendiri tanpa persiapan.
Sebenarnya tidak ada tema di dunia ini yang belum ditulis orang lain, yang ada mengolah ulang kembali tulisan dengan bahasa berbeda, sudut pandang berbeda dan data berbeda. Jadi apapun bisa ditulis dengan berbagai sudut pandang karena tulisan unik akan membuat orang selalu mengingat kita.
Jika Anda sebagai blogger yang sering menghadiri undangan promosi suatu produk, maka jangan sampai blog-nya berisi artikel brand yang dihadiri hingga terkenal sebagai “blogger pesanan”. Lebih baik menyelingi tulisan dengan jurnal pribadi, cerita keseharian sesuai passion dan lainnya.
Membuat ulasan produk lebih baik menautkan link produk tersebut dan kombinaskan dengan cerita keseharian yang lebih menarik. Ini juga akan lebih menghargai brand yang telah mengundang kita.
Menulis 8 paragraf dengan jumlah baris 3-4 baris tulisan sudah cukup. Dan jujur, hal ini bagi saya secara pribadi masih memerlukan latihan untuk memadatkan tulisan supaya lebih efektif dan efisien dalam menyampaikan pesan isi tulisan.
Sebagai seorang blogger sebaiknya mulai menentukan tema blog secara spesifik baik itu bisnis, teknologi, maupun kuliner. Hal ini akan berdampak pada branding dan harga blogger secara personal. Blog yang lebih khusus akan membantu pemiliknya mempunyai harga dibandingkan yang lain.
Tulisan ulasan produk yang tulus bukan berisi data seperti iklan tapi tulisannya lebih personal berdasarkan sudut pandang penulisnya. Menulis review suatu produk harus harus sesuai antara bahan yang diberikan oleh produsen, tidak ditambahi ataupun dikurangi.
Ada 3 tujuan brand mengundang blogger: social media public relations, social media marketing, dan advertising. Ketiganya memiliki perbedaan yang harus dicermati. Social media public relations atau saat menghadiri peluncuran produk, tulis mengenai peluncuran produknya bukan mengenai produknya. Seorang blogger tidak memiliki kewajiban menuliskan semuanya tetapi hargailah pengundangnya. Sedangkan social media marketing lebih fokus pada produk agar konsumen tertarik membeli produk.
Dalam kesempatan langka ini banyak sekali ilmu dari Kang Arul yang saya dapatkan mengenai istimewanya menjadi seorang blogger. Hal yang baru saya sadari saat ini. Meskipun ada yang menganggap sebelah mata, namun kehadiran para blogger ini ternyata memeriahkan dunia pemberitaan dalam bentuk tulisan. Hal yang paling penting adalah mulai mem-branding diri, seorang blogger harus memiliki sikap tegas untuk masa depan blog-nya.
Dalam lubuk hati terdalam, ada satu janji untuk membuat blog khusus dalam bidang pendidikan luar biasa, sesuai passion dan bidang yang saya geluti sehari-hari. Semoga terwujud dalam waktu dekat ini dan terus istiqomah menuangkan tulisan mengenai dunia pendidikan.

Terima kasih untuk  @kudo_indonesia, @kangarul , dan juga Bang @syaifuddin1969 dengan adanya acara #KudoBox #KelasBlogger saya jadi makin memahami dunia blogger yang penuh pesona dan keistimewaan tersendiri.

Komentar

  1. Makasih sharingnya, Mba. Biar ga ikut kelas tapi kebagian ilmu juga

    BalasHapus
  2. Wah... banyak ilmu ngeblog berguna disini.makasih ya utk sharingnya. Sering2 aja. Aku catat 8 hal penting dalam ngeblog di atas. Semoga bisa diterapkan

    BalasHapus
  3. terimakasih informasinya mbak.. mulai berbenah deh :-)

    BalasHapus
  4. Senangnya dapat materi dari Kang Arul, Mbak.
    Terima kasih sharingnya :)

    BalasHapus
  5. Top banget deh 8 rumus dari Kang Arul ini ya, teh. Beruntung banget deh aku bisa dateng ke acara ini, jadi makin semangat nih buat ngeblog. :D

    BalasHapus
  6. Makasih sharingnya mba.menunggu kehadiran dosen galau di jogya atau solo.

    BalasHapus
  7. 8 hal penting yg perlu dicatat. makasih sharingnya, mbak :)

    BalasHapus

Posting Komentar

Silakan tinggalkan jejak.
Akan saya respon secepatnya.
Terima kasih sudah berkunjung.

Postingan populer dari blog ini

UNGKAPAN SALAM DALAM BAHASA KOREA I ( 인사 표현 )

Mengirim Tulisan ke Harian Pikiran Rakyat